Friday, September 21, 2012

Keistimewaan HP Android

Saat ini siapa yang tidak mengenal Android, HP yang memiliki system opersasi Android ini, sekarang lagi ngetren-ngetrennya di pasaran, menurut hasil survey hp Android ini paling banyak penggunanya dibandingkan dengan iPhone maupun blackberry, saya pribadipun sangat terkesan, karena hampir semua fasilitas seperti browsing, chating, ngeblog, menulis, GPS, dll, bisa saya lakukan di HP Android ini, postingan inipun juga saya upload dari HP Android setelah saya mempelajari fitur-fitur yang diberikan.

Pada awalnya saya tidak ada keinginan untuk membeli HP Android, saya hanya berniat untuk memilih HP sliding samping yang ada quertinya, alasan saya supaya mudah untuk menulis ataupun posting di blog kesayangan saya ini. Pertamakali saya mencoba mencari HP Blackberry, setelah saya cari-cari ternyata cukup sulit untuk mencari hp Blackberry sliding samping, akhirnya saya coba untuk googling, setelah memilah, memilih dan membandingkan pilihan saya pun jatuh pada HP Sony Ericsson Xperia Mini Pro SK17i dan kebetulan memiliki system operasi Android, jadi mau tidak mau saya harus mempelajari system Android baik dari segi hardware maupun software, dengan begitu saya bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan HP Andoid.


Sebenarnya versi sebelumnya juga ada X10, designnya pun hampir mirip baik Xperia type sliding, namun setelah saya melihat video reviewnya di youtube dan saya banding-bandingkan, saya lebih tertarik dengan type SK17i.

Alasan saya memilih HP Adroid Sony Ericsson Xperia Mini Pro, karena memiliki system operasi yang bersifat open source dan memiliki processor 1Gz dengan kapasitas memori internal 521Mb namun tidak perlu dikwatirkan lagi, untuk memori externalnya bisa mencapai 32Gb, jadi menurut saya ini sudak lebih dari cukup untuk kebutuhan saya blogging, main game, online, facebookan, dll, layaknya memiliki laptop, walaupun tidak selengkap system operasi windows. Review | Harga Sony Ericsson Xperia mini pro SK17i

Bayangan saya pada waktu itu, hp SK17i ini seperti mengoperasikan komputer dan setelah 3 hari memegangnya, hal itu memang sesuai dengan apa yang saya bayangkan.

Kita bisa menikmati ribuan software baik yang bersifat gratis maupun berbayar dengan cara mengunjungi alamat www.market.android.com, hanya dengan memilih software sesuai kebutuhan, kita sudah bisa mendownload aplikasi melalui HP dengan syarat sudah mempunyai akun google, kita bisa memilih kemudian mendownload melalui komputer, dengan syarat kita sudah mensingkronisasi ponsel kita dan sudah terkoneksi dengan internet. Karena aplikasi pada market Android tidak bisa langung kita download ke komputer, kita hanya melakukan perintah instal, maka secara automatis ponsel kita akan automatis mendownload dan menginstalnya.

Dari wikipedia, Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Kelebihan & Kekuarangan Handphone Android
Kelebihan Handphone Android

  1. System Operasi bersifat open source, jadi sangat memungkinkan penggunanya untuk membuat software sendiri.
  2. Banyak aplikasi baik software maupun game yang bisa kita nikmati mulai dari yang berbayar sampai gratis.
  3. Dari segi tampilan, terlihat elegant, sehingga penggunanya tidak akan mudah bosan.
  4. Bersifat Multitasking yang artinya bisa menjalankan berbagai aplikasi sekaligus, itu artinya Anda bisa menjalankan browsing, Facebook, YM, sambil mendengerkan lagu sekaligus, namun semua itu juga tergantung dari processor handphone tersebut. Jadi sebelum membeli handphone Android pastikan memiliki processor minimal 1Gz untuk kelancaran Multitasking.
  5. Kemudahan dalam Notifikasi, Setiap mendapatkan Misscall, SMS, Chat baru baik dari ym maupun Facebook, Email atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi, Jika handphone tidak dalam genggaman Anda tidak perlu khawatir ketinggalanm, karena lampu LED Indikator akan selalu berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  6. Tampilan (themes), Jika Anda bosan dengan tampilan yang di sajikan oleh produsen, Anda bisa mengganti sesuka hati, hanya dengan mendownload di market android,
  7. Widget, yang berfungsi untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan setting atau memilih aplikasi yang akan dijalankan
  8. Syngkronisasi, jika anda pengguna Gmail ataupun Ymail, anda dapat menginterigrasikan dengan handphone Anda, sehingga akan memepermudah Anda mengecek atau mengirim email.

Kekurangan Handphone Android

  1. Baterai yang cepat habis, tak dipungkiri lagi multitasking adalah alasannya kenapa handphone android ini sangat boros dalam penggunaan baterai, namun Anda tidak usah khawatir, ada banyak solusi untuk menghemat baterai, salah satunya dengan aplikasi Mobo Taks Killer, seperti yang sedang saya pakai sekarang ini. Aplikasi Mobo Taks Killer berfungsi untuk menghentikan proses aplikasi yang sudah tidak di gunakan lagi.
  2. Pengoperasian, akan terlihat sulit jika Anda baru mempelajari Android dan pasti akan membingungkan karena sangat beda sekali dengan handphone-handphone lain.
  3. Iklan, Jika Anda menggunakna aplikasi yang bersifat gratis, iklan akan selalu muncul pada aplikasi tersebut dan munculnya iklan hanya pada saat Anda terhubung ke Internet.
  4. Koneksi Internet yang mahal, pada saat browsing memang cepat dan tidak ada hambatan, namun biaya untuk internetpun juga sesuai dengan kecepatan tersebut, jadi Anda harus membeli paket internet, tergantung kartu yang Anda gunakan.

No comments:

Post a Comment